Serah Terima Dokter Muda Angkatan 1

Angkatan pertama dokter muda dari Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang secara resmi telah terima oleh RS Karsa Husada Kota Batu dalam acara Serah Terima Dokter Muda. Hadir dalam acara tersebut perwakilan Direktur RSU Karsa Husada Kota Batu, dr. Ferdinandus Stevanus Kakiay, Sp.PD serta Ketua Komite Koordinasi Pendidikan (KOMKORDIK) dr. Bambang Tri Sardana, Sp. B. Sedangkan perwakilan dari FKIK UIN Malang yaitu Ibu Dekan Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati Prabowowati Wadjib, M.Kes, Sp,Rad (K), Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Dr. Roihatul Muti’ah, S.Farm. M.Kes, Apt, Ketua Prodi Profesi Dokter dr. Malik Setiawan, M. Infect. Dis dan Sekretaris Program Profesi Dokter dr. Iwal Reza Ahdi, Sp.PD.  Acara digelar di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Rawat Jalan RSU karsa Husada Kota Batu (26/10/2020).

Serah terima dokter muda merupakan salah bentuk tanggung jawab bersama terhadap mahasiswa profesi,  yang sebelumnya menjadi tanggung jawab fakultas saja sekarang akan menjadi tanggung jawab dibawah pengawasan fakultas dan rumah sakit terkait. Selain serah terima juga dilakukan pembekalan dokter muda yang berisi materi-materi wajib bagi mahasiswa kepanitraan klinik seperti penjaminan mutu dirumah sakit, keamanan pasien, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di rumah sakit pendidikan. Hal ini dilaksanakan sebagai orientasi awal mahasiswa profesi dokter agar dapat melakukan pembelajaran klinik di rumah sakit dengan baik dan lancar.

“Acara serah terima dokter muda dan pembekalan dokter muda ini sebagai pintu gerbang mahasisawa profesi dokter dalm menjalani kegiatan pembelajaran profesi di RSU karsa husada, semoga dengan acara ini mampu memudahkan mahasiswa dalam masa transisi antara pembelajaran akademik di fakultas menuju pembelajaran klinis atau praktek klinis di rumah sakit pendidikan”, ujar dr. Malik selaku Ketua Program Profesi Dokter. (Sub)