Akreditasi Prodi Kedokteran UIN Malang: Asesor LAM-PTKes Kunjungi RS Pendidikan dan Puskesmas

Rabu (12/01/2022), Tim Asesor LAM-PTKes melakukan kunjungan ke sejumlah wahana pendidikan para Dokter Muda Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diantaranya adalah Rumah Sakit Umum Karsa Husada Kota Batu, Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang, dan Puskesmas Batu. Kunjungan tersebut merupakan salah satu agenda dari kegiatan Akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Malang yang berlangsung selama 3 hari mulai dari Senin (10/01/2022) hingga Rabu (12/01/2022).

Tim Asesor LAM-PTKes yang bertugas melakukan asesmen lapangan pada Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Malang kali ini berjumlah 3 orang dengan latar belakang sebagai pendidik di fakultas kedokteran yang berasal dari 3 institusi sekaligus daerah yang berbeda. Beliau adalah dr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA.,M.Med.Ed.,PhD dari FK UGM; Dr. Sugito Wonodirekso, MS., dari FK UI; dan Dr. dr. H. Ahmad Yudianto, Sp.FM [K].,SH, M.Kes dari FK Universitas Airlangga.

Kunjungan asesor yang pertama adalah menuju RSU Karsa Husada Batu, yang merupakan Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Koas Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Malang. Di sana para asesor mendapatkan sambutan yang hangat secara langsung oleh Direktur RS Dr. Muhammad Rizal, MM.,M.Kes beserta jajaran pimpinan dan staf rumah sakit. Tak lupa, saat tim asesor melakukan telusur sarana prasarana dan proses pendidikan klinis di rumah sakit, didampingi oleh para dokter pendidik klinis RSUD Karsa Husada Batu. Proses asesmen lapangan yang berjalan di Rumah Sakit Pendidikan dilakukan dengan cara visitasi langsung oleh tim asesor ke bagian-bagian yang digunakan oleh mahasiswa untuk proses pembelajaran, seperti: ruang pelayanan poli, ruang rawat inap, fasilitas-fasilitas penunjang seperti kamar jaga, perpustakaan dan mini-laboratorium. Asesor juga melakukan wawancara langsung terhadap beberapa mahasiswa dan para dosen pendidik klinis yang ada di Rumah Sakit.

Setelah beranjak dari RSU Karsa Husada Batu, asesor melanjutkan kunjungan ke Instalasi Forensik RSUD Dr. Saiful Anwar Malang serta ke Puskesmas Batu. Asesor terkesan dengan support dari RSUD Karsa baik dari sisi SDM, sarana dan prasarana. Asesor merasa terkesan dengan sambutan hangat dari segenap stakeholder yang ada, baik di wahana rumah sakit maupun puskesmas. Pada akhirnya, tim asesor menitipkan pesan bahwa dokter yang terlibat dalam proses pendidikan, diharapkan mampu menjadi role model yang baik bagi mahasiswa FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

 

(Sumber: dr. Rizal Novianto|Kontributor: Alif FF)